Judul : Metodologi Penelitian KebudayaanBangsawan Kraton Sepanjang Masa
Pengarang : Suwardi Endraswara
Penerbit : Gadjah Mada University Press
ISBN : 978-602-386-868-1
Jumlah hlm.: 255 hlm.
Resensi

IImu-ilmu humaniora di Indonesia telah berkembang dengan subur, terutama di lingkungan perguruan tinggi dan di sejumlah LSM yang tertarik pada pusaran budaya. Kebudayaan yang telah berkembang menjadi beberapa cabang, menghendaki pengkajian dan penelitian yang lebih mendalam agar dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia itu sendiri.

Melalui pemahaman metodologi yang jelas, penelitian kebudayaan akan mencapai hasil yang menggembirakan. Buku Metodologi Penelitian Kebudayaan ini mencoba sedikit menuntun para peneliti kebudayaan agar tidak berjalan dalam kegelapan. Buku ini membahas mulai dari problematika, epistemologi, paradigma, model telaah,, teori-teori klasik, modern, ragam dan aplikasi penelitian kebudayaan, telaah budaya etnografi dan folklor, interaksionisme simbolik, dan masih banyak lagi.

Kelebihan : Buku ini membahas lengkap mengenai problematika penelitian, epistemologi, paradigma, model telaah, teori-teori klasik, modern, postmodernisme, ragam penelitian kebudayaan, aplikasi metode penelitian dan contoh proposal penelitian kebudayaan.

Kekurangan : - 

 

Posting Komentar

0 Komentar